Cara Efektif Mengatasi Rambut Berminyak Dan Rontok

Semua orang ingin mempunyai rambut yang sehat dan berkilau. Berbagai macam cara dilakukan untuk mendapatkan hasil rambut yang indah. Namun, seringkali rambut kita masih terlihat berminyak dan rontok. Rambut yang cepat rontok bisa menjadi mimpi buruk bagi Anda, entah pria maupun wanita. Rambut berminyak dan rontok yang tidak terawat lama-kelamaan akan menimbulkan kebotakan. Penyebab utama rambut rontok adalah ketombe. Kabar buruk bagi Anda yang mempunyai rambut berminyak karena ketombe biasanya berkembang pesat pada rambut jenis ini. Ada beberapa cara mengatasi rambut berminyak dan rontok yang bisa Anda coba, yaitu perawatan tradisional dan modern.

Ketombe pada kepala yang sudah terlalu parah bisa menyebabkan pengelupasan kulit kepala. Penyebab rambut rontok selain ketombe adalah keturunan. Selain itu, bisa juga terjadi karena makanan yang kita konsumsi sehari-hari. Stress dan faktor psikis juga menyebabkan munculnya kerontokan pada rambut. Menurut para ahli, penyebab kerontokan bisa dibagi menjadi lebih banyak lagi, yaitu karena polusi, sinar ultraviolet, radikal bebas, dan juga lampu yang terlalu terang. Cara mengatasi rambut berminyak dan rontok yang disebabkan oleh ketombe adalah dengan menghilangkan ketombenya terlebih dahulu.

Ketombe pada kulit kepala bisa diatasi dengan cara melakukan diet. Jenis makanan yang perlu dihindari untuk mencegah pertumbuhan ketombe adalah lemak dan karbohidrat. Usahakan selalu berpikiran positif agar kepala kita tetap dingin dan rambut bebas ketombe. Pilihlah sampo dan tonik yang cocok digunakan sesuai dengan jenis kulit kepala Anda. Konsultasikan jenis kulit kepala Anda kepada ahli perawatan rambut untuk mendapat hasil yang tepat dan akurat.

Pada umumnya, kerontokan dibagi menjadi dua jenis, yaitu hairfall dan hairloss. Kedua tipe ini bisa menyerang siapa saja. Hairfall adalah tipe kerontokan yang terjadi karena rambut terlalu rapuh. Sedangkan hairloss adalah tipe kerontokan yang terjadi karena berbagai faktor internal, seperti usia, gen, hormone, infeksi, pasca melahirkan, dan lain sebagainya.

Cara Modern

Cara mengatasi rambut berminyak dan rontok secara modern bisa dilakukan sebagai berikut. Pilihlah sampo yang sesuai dengan jenis kulit kepala Anda. Keramaslah secara rutin namun usahakan agar jangan terlalu sering. Waktu yang dianjurkan untuk melakukan keramas adalah seminggu dua kali. Penggunaan sampo setiap hari justru bisa mempercepat kerontokan rambut. Creambath juga bisa membantu mengatasi kerontokan. Anda bisa melakukan creambath secara rutin di salon atau rumah sendiri. Bagi Anda yang suka mengutak-atik rambut Anda demi mengejar trend, selalu sempatkan waktu untuk merawat rambut menggunakan produk yang tepat. Pemakaian kosmetik rambut seperti pengecatan bisa memicu munculnya reaksi oksidasi zat kimia yang menimbulkan kerontokan.

Cara Tradisional

Sedangkan cara mengatasi rambut berminyak dan rontok secara tradisional bisa dilakukan menggunakan lidah buaya. Lidah buaya adalah tanaman yang memiliki kandungan zat-zat yang berfungsi untuk mempertebal rambut. Cara ini cukup aman digunakan karena tidak ada efek samping seperti pada bahan kimia lainnya, namun Anda harus cukup bersabar karena cara tradisional cenderung memakan lebih banyak waktu. Caranya adalah pilihlah lidah buaya yang berukuran cukup besar. Petik beberapa lembar lalu buang kulitnya. Setelah itu, gosokkan bagian daging lidah buaya tadi ke kulit kepala Anda secara merata. Pijat secara perlahan ke seluruh kulit kepala lalu diamkan beberapa menit. Kemudian, bilas kepala Anda dengan air bersih. Untuk memperoleh hasil yang optimal, jangan lupa untuk melakukan perawatan tersbut setiap hari.

One comment on “Cara Efektif Mengatasi Rambut Berminyak Dan Rontok

  1. Anis choi says:

    Kalau cara tradisional yg bahan bahannya mudah di cari contohnya apa selain tumbuhan lidah buaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>